octopus Konveksi pembuatan kaos, jaket, hodie, polo, totebag, kemeja yang memberikan kualitas terbaik dan terjamin serta sudah berpengalaman bertahun-tahun.

Macam-Macam Masalah yang Ditemui Dalam Usaha Konveksi

2 min read

Macam-Macam Masalah yang Ditemui Dalam Usaha Konveksi

Macam-Macam Masalah yang Ditemui Dalam Usaha Konveksi, setiap merintis suatu usaha tentu saja kita akan hadapi beberapa jenis masalah. Di bawah ini ialah masalah yang biasa dirasakan pada saat merintis usaha konveksi.

1. Modal Yang Terbatas

Meniti usaha konveksi memang memerlukan modal yang sedikit. Maka dibutuhkan perkiraan modal untuk menjalankannya. Langkah memperoleh bujet untuk memenuhi modal dapat dikerjakan dengan dua langkah, yang pertama dengan menabung. 

Langkah semacam ini memang lumayan lama tetapi membuat kita tambah lebih tenang.

Langkah ke-2 yang dapat dikerjakan dengan ajukan utang modal usaha ke bank. Memang dapat membuat kita memperoleh modal bertambah cepat, tetapi kita harus siap dengan ongkos angsuran per bulannya yang perlu kita bayarkan pas waktu.

jasa buat kaos dan sablon termurah, premium, cepat, aman dan profesional

2. Barang Reject Atau Return

Tiap pemilik usaha konveksi pasti ingin produk yang dijualnya mempunyai kualitas bagus. Tetapi, ada-ada saja produk yang reject atau return, dimana produk tidak selamat quality control. BIasanya pemicu ini berlangsung ialah produk yang dibuat dalam kondisi rusak atau salah pembuatan.

3. Terdapatnya Inflasi

Keadaan keuangan negara memang sangat punya pengaruh pada daya beli masyarakatnya. Karena itu waktu negara alami inflasi, daya beli warga akan alami penurunan. Karena naiknya harga di semua barang di market.

4. Pergantian Industri Model Yang Cepat

Pergantian yang semakin cepat pada trend satu baju membuat banyak pemilik usaha konveksi seringkali alami kerugian sebab lambannya masuk pasar sesaat ketenaran produk itu telah alami penurunan. 

Oleh karenanya, terus lakukan analisa dengan cepat tentang produk yang sedang trend di dunia model sekarang.

Baca juga: Perbedaan Garmen, Tailor, dan Konveksi Kaos

Mengurus usaha konveksi memang tidak selama-lamanya memberi untung yang banyak, maka diperlukan keuletan serta ketekunan dalam menjalankannya. 

Gunakan teknologi digital yang sedang berkembang sekarang untuk tahu beberapa trend baju supaya dari hasil produk yang kita memasarkan laris di market.

Perkiraan Investasi Awal Usaha

Hal pertama yang perlu kita sediakan ialah modal untuk investasi awal, untuk beli mesin, serta peralatan simpatisan yang lain. Berikut rinciannya.

Perkiraan Biaya

  • Mesin jahit Rp3 juta
  • Mesin obras Rp7 juta
  • Mesin overdeck Rp15 juta
  • Mesin rantai Rp6 juta
  • Mesin potong Rp2 juta
  • Setrika uap Rp1,5 juta
  • Meja potong Rp2 juta
  • Perlengkapan menjahit yang lain Rp1 juta
  • Keseluruhan Rp37,5 juta

Karena itu, investasi awal yang perlu kita sediakan ialah Rp37,5 juta. Bujet yang dikeluarkan jadi investasi awal memang besar, tetapi angka itu bisa makin bertambah atau menyusut bergantung sebegitu komplet yang perlengkapan yang kita sediakan.

Perkiraan ongkos operasional bulanan

Sesudah kita mempersiapkan bujet untuk investasi awal, karena itu kita harus juga mempersiapkan ongkos operasional per bulannya. Berikut perincian yang perlu kita sediakan.

Perkiraan Biaya Perbulan

  • Listrik Rp500 ribu
  • Transportasi Rp250 ribu
  • Bahan baku Rp3 juta
  • Upah pegawai Rp4 juta
  • Ongkos yang lain Rp600 ribu
  • Keseluruhan Rp8,350juta

Karena itu perkiraan ongkos yang perlu kita sediakan per bulannya untuk usaha konveksi ialah Rp8,350 juta.

Perkiraan Keuntungan Perbulan

Contohnya, dalam satu hari kita dapat memperoleh omzet penjualan sebesar Rp1 juta. Karena itu keuntungan yang didapatkan dalam satu bulan ialah:

Keuntungan kotor/bulan Rp1 juta x 30 hari Rp30 juta

Keuntungan bersih/bulan Rp30 juta – Rp8,350 juta Rp21,650 juta

Jadi, keuntungan yang akan didapatkan dalam satu bulan ialah Rp21,650 juta. Karena itu bila keuntungan itu terus didapat dengan konstan, dalam periode waktu dua bulan kita dapat kembalikan bujet investasi awal yang telah dikeluarkan sebesar Rp37,5 juta.

Baca juga: Tips memilih tempat pembuatan kaos yang baik

Nah, bagaimana menurut kamu tentang perkiraan biaya untuk modal dan biaya untuk perbulan nya?

Oleh karena itu kamu harus mempersiapkan nya dengan perencanaan yang matang, agar kamu tidak merugi atau bahkan bangkrut.

Sekian saja yang dapat kami sampaikan mengenai Macam-Macam Masalah yang Ditemui Dalam Usaha Konveksi, semoga apa yang kami sampaikan tersebut dapat bermanfaat untuk kita semua.

Jika kamu mempunyai pertanyaan silahkan sampaikan saja di komentar dibawah, kami akan menjawab pertanyaan kamu secepatnya di jam kerja kami, terimakasih.

octopus Konveksi pembuatan kaos, jaket, hodie, polo, totebag, kemeja yang memberikan kualitas terbaik dan terjamin serta sudah berpengalaman bertahun-tahun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat