octopus Konveksi pembuatan kaos, jaket, hodie, polo, totebag, kemeja yang memberikan kualitas terbaik dan terjamin serta sudah berpengalaman bertahun-tahun.

Macam macam sablon

3 min read

macam macam sablon

Jenis sablon adalah bahan paling dasar untuk menyablon. Pada kenyataannya macam macam sablon terdapat banyak macamnya.

Bagi pegiat didunia sablon, sudah hal yang wajib jika harus memahami berbagai macam jenis sablon. Namun, bukan berarti hanya bagi pengiat sablon saja.

Bagi masyrakat yang ingin memesan atau mempercayakan orderannya pada sebuah konveksi. Alangkah baiknya juga memahami mengenai macam macam sablon itu sendiri.

Tidak hanya mengetahui pengertian sablon saja, namun mengetahui karakterisitik dan juga jenis jenis sablon juga menjadi hal yang wajib.

jasa buat kaos dan sablon termurah, premium, cepat, aman dan profesional

Selain itu, sablon memiliki kualitas dan juga tekstur yang berbeda beda. Ada yang kualitasnya baik dan premium serta tahan lama ada yang sebaliknya.

Oleh karna itu pada artikel ini saya akan membahas mengenai macam macam jenis sablon.

Macam macam jenis sablon

Saat ini tedapat berbagai macam sablon yang dimana memliki fungsi, kualitas, dan juga tekstur yang berebeda beda.

Berikut beberapa jenis sablon yang bisa menjadi rekomendasi bagi anda

Sablon Rubber

Jenis sablon yang pertama yakni sablon rubber, atau yang biasa disebut dengan istilah sablon karet. Sablon ini memliki kualitas yang tergolong cukup sangat baik.

Sablon rubber merupakan salah satu sablon yang memliki peminat yang sangat banyak dan sering digunakan untuk menyablon.

Kebanyakan tempat konveksi menggunakan sablon jenis ini, karena disatu sisi sablon ini tergolong murah dan terjangkau, dan disatu sisi lagi karena sablon ini memliki kualitas dan juga kewetan yang cukup baik.

Sablon ini memliki sifat alami yang dapat menutupi serat kain, sehingga sablon ini menghaslikan sablon yang elastis seperti karet.

Tinta sablon jenis ini sangat cocok digunakan untuk menyablon pada kain yang gelap, karena memiliki kepekatan.

Selain dijadikan sablon utama, sablon jenis rubber sering digunakan untuk menjadi bahan dasar sebelum digunakan jenis sablon lainnya. Karena sablon ini bisa menyerap kedalam kain namun tidak sampai tembus.

Sablon ini termasuk salah satu sablon yang memliki kualitas yang terbaik, awet, tahan lama, dan ketika digunakan tidak panas.

Sablon Discharge

Teknik sablon yang kedua yakni sablon discharge. Jenis sablon ini sering sekali digunakan untuk membuat kaos distro yang dimana menggunakan teknik cabut warna.

Jenis teknik sablon yang satu ini sangat cocok di aplikasi pada kaos berwarna gelap.

Sablon ini memliki kualitas yang sangat baik dan memliki teksutr yang hampir sama dengan motif asli dari jenis kain yang digunakan.

Seakan akan sablon tersebut menjadi satu dengan kain.

Sablon Gold/Silver

Sablon yang selanjutnya yakni gold/silver. Sablon ini sebenarnya bukan termasuk jenis sablon yang memiliki jenis sendiir.

Tetapi sablon ini tergolong dalam sablon rubber yang memliki perbedaan pada warnanya.

Waran sablon ini memliki nilai estetika yang sangat tinggi. Oleh karna itu sablon ini lebih mahal dari pada sablon yang lain.

Dengan menggunakan warna emas, seaka akas kaos yang digunakan terlihat lebih mahal dan juga elegan.

Plastisol

Sablon plastisol adalah sablon yang terbuat dari bahan tinta minyak atau PVC. Sablon ini tergolong sablon yang sangat kuat dan memiliki kualitas yang bagus.

Dengan sablon rubber yang sebelumnya sudah saya bahas, sablon ini lebih memliki kualitas yang tinggi.

Dengan bahan minyak atau pvc, sablon ini dapat menghasilkan daya rekat yang sangat kuat dari pada sablon yang lain.

Dengan kualitas yang sangat baik, sablon ini dibandrol dengan harga yang cukup mahal.

Tetapi dengan harga yang mahal, sablon ini sebanding dengan kualitas yang dihasilkan

Glow In The Dark

Sablon selanjutnya yakni glow in the dark. Sablon ini pada intinya dapat menyalam dalam kegelapan.

Sablon ini pada saat ini banyak peminatnya terutama dikalangan anak muda. Dengan kelebihan dapat menyala dalam kegelapan, sablon ini memliki keungan sendiri dari pada sablon yang lain.

Nilai estetika atau seni dari sablon ini tergolong tinggi tetapi ada kekurangan yang juga harus anda ketahui.

Sablon ini hanya dapat diaplikasikan pada kain berwarna hitam atau gelap. Karena sablon ini hanya tersedia dalam satu warna yakni (putih)

Foam (timbul)

Foam atau biasa disebut dengan sablon timbul adalah sablon yang dimana memiliki ciri khas sendiri dari pada sablon yang lainnya yakni sablon ini memiliki efek timbul 3 dimensi.

Proses penyablonan sablon jenis ini sangat memakan waktu dan juga perlu alat khusus. Karena diperlukan panas yang memiliki suhu tinggi.

Yang dimana panas ter sebut nantinya akan mengembangkan sablon sehingga mendapatkan efek 3D nya.

Ketika sudah jadi, ketika sablon ini disentuh dengan tangan, akan terasa timbulan dari sablonnya.

Plastisol HD (Highe Density)

Sablon terkahir yakni sablon plastisol HD. Sablon ini masih tergolong dalam keluarga plastisol.

Namun ada sedikit perbedaan pada teknik dan proses pengesutannya atau ketika menimpa sablon.

Untuk mendapatkan kualitas yang terbaik dari sablon plastisol HD, perlu penimpaan berulang kali sehingg sablon tersebut timbul atau tinggi.

Hampir mirip dengan sablon foam, pada akhirnya sablon ini akan timbul dan memliki efek 3dimensi. Namun untuk keawatan jelas sablon ini lebih menang.

Tetapi harga yang diperlukan untuk membuat sablon ini pastinya lebih mahal karena dengan kualitas yang sudah tidak perlu diragukan lagi.

Kesimpulan dan Penutup

Itu beberapa macam jenis sablon yang sering digunakan untuk menyablon. Dari sekian banyak macam tersebut, mungkin salah satu sablon ada yang anda minati.

Hampir semua konveksi menyediakan jenis jenis sablon tersebut, tapi ada beberapa konveksi yang dimana tidak ada jenis sablonnya yang saya sebutkan diatas.

Sama halnya Octopusteeshirt yang ada beberapa sablon di atas terutama untuk sablon rubber dan plastisol.

Untuk menghasilkan kualitas yang baik namun harga ekonomis, saya sarakan untuk menggunakan sablon jenis rubber atau tidak plastisol yang lebih mahal dikit.

Mungkin itu saja artikel mengenai macam macam sablon, semoga bermanfaat dan setelah anda membaca artikel ini anda lebih paham mengenai sablon.

Jadi ketika anda ingin mempercayakan pesanan anda pada sebuah perusahan konveksi, anda sudah mengetahui jenis sablon apa yang anda butuhkan.

Jangna lupa baca artikel lainnya yang tidak kalah penting, dan bila ada pertanyaan, bisa komen dibawah pada kolom yang sudah saya sediakan.

Terima kasih.

octopus Konveksi pembuatan kaos, jaket, hodie, polo, totebag, kemeja yang memberikan kualitas terbaik dan terjamin serta sudah berpengalaman bertahun-tahun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat