octopus Konveksi pembuatan kaos, jaket, hodie, polo, totebag, kemeja yang memberikan kualitas terbaik dan terjamin serta sudah berpengalaman bertahun-tahun.

Tahapan Proses Produksi Konveksi

2 min read

Tahapan Proses Produksi Konveksi

Tahapan Proses Produksi Konveksi Yang Wajib Kamu Tahu untuk memulai bisnis konveksi sendiri.

Pada suatu tingkatan produksi, ada banyak proses yang harus dikerjakan supaya produksi itu dapat berjalan dengan lancar dan baik. Berikut tahapan-tahapan proses dari produksi konveksi.

Mempersiapkan Material

Pertama kali ialah mempersiapkan material yang diperlukan seperti kain, benang, kancing serta material konveksi lain yang diperlukan, ikuti design produk konveksi yang akan dibikin. Untuk type kain dapat lihat di Type Kain.

Rencana Skema

Dalam proses ini kita akan memastikan perancangan dari baju yang akan dibikin. Dalam proses ini umumnya memakai kertas khusus atau juga bisa memakai program computer seperti Adobe Photoshop, Adobe Ilustrator, Corel Draw serta program yang lain.

jasa buat kaos dan sablon termurah, premium, cepat, aman dan profesional

Proses Potong Kain

Sesudah memastikan perancangan baju di sini kita akan lakukan pemotongan kain yang sesuai rencana, misalnya pemotongan kain untuk fundamen baju, saku serta atribut lain yang diperlukan.

Seting Aplikasi Sesudah proses potong kain usai, kita akan lakukan seting aplikasi yang dipakai, entahlah baju itu memakai sablon (untuk type sablon dapat lihat di type sablon) maupun bordir (untuk type bordir dapat lihat di type bordir).

Proses Aplikasi Produksi Konveksi

Dalam step ini kita akan lakukan aplikasi dari seting aplikasi yang sudah dikerjakan ke baju, memakai mesin yang sesuai aplikasi yang dipakai.

Proses Jahit Sesudah aplikasi aplikasi usai baru di sini kita lakukan proses jahit. Skema jahit di sini harus sesuai skema yang sudah kita bikin seperti disebut pada point nomor 2 di atas.

Baca juga: tips memilih tempat bikin kaos sablon

Quality Control Sesudah proses jahit usai, karena itu harus dikerjakan proses Quality Control. Proses ini ialah penting sekali mengingat jika kita menghasilkan baju sesuai kemauan customer, karena itu hasil produksi harus sesuai kemauan customer. Jika proses Quality Control ini tidak seperti keinginan, karena itu harus kita harus mengulang-ulang beberapa langkah khusus dalam poin di atas.

Steam serta Packing Sesudah lakukan proses Quality Control serta hasilnya sesuai yang diinginkan, karena itu kita akan lakukan proses steam untuk memperoleh kerapihan serta hasil yang lebih prima. Proses steam ini menyempurnakan proses produksi konveksi.

Kemudian packing bisa dikerjakan, dapat memakai bahan khusus seperti plastik baju atau bahan yang sesuai image yang ingin ditonjolkan usaha konveksi.

Meskipun tidak mendalam, namun sesuai pemkajian kita untuk kenal usaha konveksi, karena itu seterusnya kita akan mengatakan beberapa mesin yang dipakai dalam proses produksi.

Mesin Yang Sering Dipergunakan Dalam Bisnis Konveksi

Berbagai macam mesin jahit :

  • Mesin Jahit rantai (untuk kaos serta jeans)
  • Mesin Overdeck (untuk jahit benang dilengan serta bawah kaos)
  • Mesin Obras
  • Mesin Barteks (berperan untuk mematikan jahitan)
  • Mesin Neci (umumnya digunakan untuk kerudung)

Mesin Bordir adalah mesin dengan harga yang cukuplah mahal serta jarang-jarang sekali usaha konveksi mempunyai mesin ini. 

Umumnya untuk mesin bordir ini jadikan satu usaha bordir terpisah dari usaha konveksi. Mesin Pasang Lobang Kancing Mesin ini dipakai jadi alat untuk bikin lobang pada baju hingga dapat diaplikasikan kancing. Mesin ini juga bisa jadikan satu usaha terpisah.

Mesin Modif Struktur, Mesin ini dipakai untuk bikin bordiran seperti rajutan jadi contoh yang ada pada pakaian koko. 

Baca juga: macam macam masalah pada konveksi

Mesin Potong, Mesin ini ada dalam rasio kecil serta besar. Mesin ini dipakai jadi alat untuk memangkas baju seperti diterangkan di point nomor 3 mengenai proses tingkatan produksi konveksi. Mesin Steam Mesin steam ini dipakai dalam proses QC seperti sudah disebut di atas.

Mesin Sablon 

  • Heatgun
  • Hairdryer
  • Screen sablon
  • Mesin Press
  • Mesin Curing (umumnya dipakai untuk type sablon Plastisol)
  • Meja Afdruk
  • Compressor
  • Jet Washer.

Itu bahasan singkat tentang Tahapan Proses Produksi Konveksi Yang Wajib Kamu Tahu. Kami berharap pembaca dapat lebih tahu jika usaha konveksi ini adalah satu usaha yang menjanjikan serta dapat diakui untuk dikerjakan. 

Mudah-mudahan pengetahuan ini dapat berguna untuk kita, terutamanya untuk kami pribadi dan umumnya untuk kalian.

Jika kamu masih bimbang atau bingung silahkan bertanya kepada kami di kolom komentar.

octopus Konveksi pembuatan kaos, jaket, hodie, polo, totebag, kemeja yang memberikan kualitas terbaik dan terjamin serta sudah berpengalaman bertahun-tahun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Powered by